Spread the love

Penelitian yang terbaru memberikan hasil bahwa ternyata video game tidak hanya berfungsi untuk sekedar hiburan semata. Namun selain itu ada beberapa manfaat lainnya yang bisa Anda ambil ketika bermain video game  tersebut. Khususnya jika Anda bisa mengarahkan dengan baik permainan video game yang dimainkan oleh anak-anak Anda. Maka pastinya akan ada dampak positif yang bisa Anda dapatkan darinya.

Beberapa Manfaat Bermain Video Game Untuk Kehidupan

  1. Melatih perkembangan motorik anak

Diantaranya adalah yang pertama untuk melatih perkembangan motorik anak usia produktif. Benarkah bisa begitu? Sementara yang Kita ketahui bermain video game hanya menuntut anak untuk duduk diam tak bergerak selama beberapa lama. Yang mereka fokuskan untuk konsentrasi adalah kejelian mata dan tangan yang bersinergi secara khusus. Namun rupanya Anda lupa bahwa ada permainan game yang juga membutuhkan gerak fisik sehingga anak tetap aktif meski mereka sedang bermain video game.

  1. Melatih dan meningkatkan kerja sama

Melatih dan meningkatkan kerja sama. Bermain video game juga akan membantu Anda untuk bisa melatih dan membangun kerja sama yang baik pada anak Anda. Sehingga nantinya pada saat mereka berada dalam suatu lingkungan atau komunitas mereka bisa melakukan kerja sama yang baik dengan orang lain. Mereka bisa membangun kerja sama yang bagus serta menjadi tim yang berkualitas.

  1. Alat terapi pasien

Video game juga bisa menjadi alat terapi pasien dengan jenis penyakit tertentu. Dimana ada penyakit khusus yang butuh terapi untuk membuat otak mereka tetap fokus pada satu hal sekaligus mampu  berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya dengan baik.

  1. Pengembangan teknologi militer

Dan manfaat yang terakhir adalah untuk  pengembangan teknologi militer. Saat ini diketahui bahwa militer Singapura tengah berupaya untuk mengembangkan kemampuan militer maritim mereka dengan menggunakan media video game.

Pemerintah Singapura tengah bekerja sama dengan pengembang game lokal, yang mana  direncanakan akan dibuat sebuah game perang lautan yang mana bisa memberikan pelatihan secara khusus dalam bidang strategi dan manajemen perang sesuai dengan kebutuhan para prajurit militer tersebut. Game tersebut didesain sedemikian rupa untuk melatih para prajurit untuk bisa bekerja sama dengan baik dalam menyelesaikan sebuah misi dan mengevaluasi apa yang sudah dilakukan untuk ke depannya bisa mengambil keputusan yang terbaik dalam peperangan yang sesungguhnya.

Perencana program juga sudah berkonsultasi secara khusus dengan pihak gamer e-sport profesional dalam rangka membuat game yang memiliki kualitas pelatihan strategi dan sarat dengan unsur kompetitif yang dibutuhkan oleh para prajurit kelautan tersebut. Program ini termasuk salah satu proyek uji coba yang sedang dilakukan oleh angkatan bersenjata Singapura untuk meningkatkan kemampuan berperang dan strategi yang dimiliki oleh militer kelautan yang mereka miliki.

Harapan Pemerintah Singapura Setelah Program Ini Dipraktekkan

Pemerintah Singapura sudah melakukan upaya yang sangat bagus untuk bisa meningkatkan kemampuan prajurit militer maritim mereka dengan menggunakan video game. Namun upaya tak berhenti di situ saja. Ada banyak tugas rumah yang menanti setelah ide ini berhasil dilakukan. Yaitu untuk melakukan pengawasan dan pemantauan terkait pelatihan yang dilakukan dengan menggunakan media video game ini.

Selain itu mereka juga harus memastikan apa yang menjadi harapan mereka bisa terwujud segera setelah para prajurit berlatih dengan video game perang kelautan yang mereka buat. Ketrampilan dalam hal berperang, mengatur strategi hingga membuat keputusan yang bagus dalam kondisi peperangan yang akan mereka alami akan membuktikan apakah cara ini berhasil atau tidak untuk melatih para prajurit. Akankah negara Indonesia juga memiliki ide yang sama?